Jumat, 20 November 2009

BELAJAR SUKSES, NGAJI OKE


Emang nggak mudah untuk bisa ngatur jadwal ngaji dan belajar. Tapi bukan berate jadi penghalang untuk bisa menjalankan kedua-duanya. Kamu perlu kiat khusus, lho. Jadi, nggak ada salahya kita lihat tips-tips berikut ini.

• Soal Keimanan dan keyakinan
Ini adalah hal pertama dan utama, sangat penting. Sebab keimanan dan keyakinan inilah yang menjadi pondasi kita tetap semangat terus belajar dan ngaji. Kita wajib belajar ilmu yang farduhu a’in dan fardhu kifayah. Ilmu agama, adalah fardhu ‘ain. Kewajiban mempelajarinya nggak bisa diwakilkan kepada orang lain. Ilmu umum adalah fardhu kifayah. Niatkan semuabya lillahi ta’ala dan ikhlas, Insya Allah berhasil kok.
• Lakukan Belajar dan Ngaji dengan perasaan senang dan butuh.
Sebab kalau kamu merasa kepaksa ngelakuinnya, yang ada bakala nggak pernah lama menekuninya. Nggak semangat dan bawaanya uring-uringan mulu pengen cepat selesai. Tapi kalo dengan perasaan enjoy, rileks dan dinikmati serta kita merasa butuh dengan belajar dan ngaji, Insya Allah bawaanya pengn deket-deket mulu ama belajar dan ngaji.

• Atur Waktu seefektif mungkin
Iya, jangan sampai keduanya jadi berantakan. Jangan pernah menyalakan aktivis kebaikan, misalnya ada aktifis dakwah kampus, nilainya jeblok, lantas dia menyalakan aktifitas ngaji yang dia lakukan.ni bahaya nanti bisa jadi aktifitas ngajinya selama ini jadi terbilang nggak iklas dan bisa dapat pahala. Mungkin, bisa intropeksi, bisa jadi ini karena kelalaian ngatur dan ngejadwal waktu yang nggak efektif. Coba aja kamu bayangin, dibandingin dengan kuliah dikampus selama seminggu dengan ngaji kamu proporsinya pasti banyakan belajar atau kuliahnya? Tul nggak?

• Jangan pernah nunda-nunda belajar
Bener. Ngerjain tugas, atau latihan yang diberikan dosenmu jangan pernah ditunda-tunda. Selagi ada waktu cepat selesaikan, inget kesempatan dan waktu luang itu nggak muncul dua kali. Bahaya nunda-nunda, karena biasanya ngaji jadi korban. Padaal itu nggak baik, sebab itu meninggalkan aktifitas fardhu a’in kamu. Gawat

• Lima hal penting dalam belajar
Baca,pahami hafalkan,ulang kembali, dan evaluasi, mesti kita kita lakuin kalo kita pengen sukses belajar. Dan jangan lupa, mesti dekat dengan Allah, sebab hanya Dialah yag akan membukakan pikiran dan hati kita untuk menerima semua ilmu yang kita pelajari. Bangunlah tiap malam untuk tahajud, banyak baca Quran dan berdoa. Supaya Allah sayang sama kita dan mensukseskan kita dalam belajar dan ngaji.

Ayo praktekkan aja, ngaak usah nunggu lebih lama lagi. Allah bersama orang-orang yang berjuang untuk kemuliaan Islam.

COMMENTS :

Don't Spam Here

0 komentar to “BELAJAR SUKSES, NGAJI OKE”

Posting Komentar

 

"BERFIKIR IDEOLOGIS, BERTINDAK SIYASIH, ISTIQAMAH DALAM DAKWAH" | Copyright © Hanya Milik Allah SWT | template By: NdyTeeN.. Powered by Blogger.