Jumat, 20 November 2009

Peran Dakwah Kampus Untuk Mahasiswa


Dunia Mahasiswa
Kaum Intelek, agent of change dan segudang julukan yang diberikan pada mahasiswa yang menunjukkan bahwa adalah sosok yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Aktifitas yang tidak lepas dari kuliah untuk meraih gelar sarjana dengan masa depan yang cerah senantiasa mewarnai hari-hari mahasiswa sehingga tidak heran ketika gambaran mahasiswa secara umum adalah bagaimana meraih Indeks Prestasi (IP) yang tinggi dan cepat meraih gelar sarjana.

Peran Mahasiswa
Berbicara tentang peran, mungkin akan timbul pertanyaan apakah peran mahasiswa itu hanya untuk mencapai IP yang tinggi atau cepat meraih gelar sarjana. Tentunya jawabannya tidak karena ternyata peran Mahasiswa itu sangat banyak terutama dalam menjalankan fungsinya sebagai agen perubahan bagi masyarakat Kampus khususnya. Oleh karena itu terciptanya wadah yang dapat menghimpun aspirasi dari Mahasiswa yaitu Lembaga Dakwah Kampus (LDK).

Lembaga Dakwah Kampus(LDK) adalah wadah pergerakkan bagi mahasiswa Islam untuk menghimpun segenap potensi dan kemampuan untuk ikut dalam dinamika dakwah Islam ke depan yang berdiri di atas dasar aqidah Islam. LDK berjuang untuk menghidupkan kembali Islam dalam medan kehidupan dengan ditgakkannya system Islam
Dakwah di Kampus tidak bisa dilepaskan dari peran LDK yang ada di setiap kampus perguruan tinggi di Indonesia saat ini. Masyarakat kampus sebagai objek utamanya dan mahasiswa merupakan unsure terpentingnya untuk mencapai tujuannya, adapun peran dakwah kampus adalah sebagai berikut:

1) LDK sebagai media pembinaan
2) LDK sebagai artikulator
3) LDK sebagai mediator
4) LDK sebagai Fasilitator

Ditinjau dari sosial kemasyarakatan, Mahasiswa dan kampus merupakan satu kesatuan system yang mempunyai peranan penting dalam perubahan social di tengah-tengah masyarakat, sedangkan dari potensi manusiawi, mahasiswa merupakan kelompok manusia yang mempunyai taraf berpikir di atas rata-rata sehingga posisinya sangat strategi dalam mengambil peran yang menentukan keadaan masyarakat di masa depan. Perubahan masyarakat kearah Islam terjadi apabila pemikiran Islam telah tertanam di masyarakat. Oleh karena itu tertanamnya pemikiran Islam di dalam kampus melalui dakwah Islam diharapkan mampu menyebar efektif di tengah-tengah masyarakat khususnya masyarakat kampus.

Oleh karena itu, LDK merupakan lembaga yang bergerak di bidang dakwah Islam. Sedangkan Kampus merupakan inti kekuatan dan warga civitas akademika adalah objek utamanya. Sehingga LDK dapat berupa unit kerohanian Islam, Ta’mir mesjid kampus, Forum studi Islam ataupun lembaga-lembaga lain yang setaraf. (Rs)

COMMENTS :

Don't Spam Here

0 komentar to “Peran Dakwah Kampus Untuk Mahasiswa”

Posting Komentar

 

"BERFIKIR IDEOLOGIS, BERTINDAK SIYASIH, ISTIQAMAH DALAM DAKWAH" | Copyright © Hanya Milik Allah SWT | template By: NdyTeeN.. Powered by Blogger.