Jumat, 20 November 2009

Sekilas Organisasi Mahasiswa


Sebagaimana di skul, di kampus juga tersedia banyak organisasi kemahasiswaan yang secara formal diakui keberadaannya oleh pihak rektorat. Diantaranya kamu bakal kenal yang namanya Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Hasanuddin ( dulu di kenal senat mahasiswa) Dewan Perwakilan Himpunan mahasiswa keprofesian atau Himpunan mahasiswa jurusan serta unit-unit kegiatan mahasiwa.

Berbicara tentang Unit kegiatan mahasiswa, jumlahnya banyak. Biasanya terbagi menjadi beberapa kelompok, ada yang berdasarkan keagamaan/kerohanian, olah raga, korps, sukarelawan, Mapala, Seni, Bela Negara, Pramuka, Pers kampus ,kemanusiaan, lintas alam dll.
Selai organisasi intra kampus seperti yang disebut di atas, kamu juga bakal mengenal berbagai macam organisasi mahasiswa yang bergerak di luar (ekstra-kampus). Lazimnya organisasi ini banyak bergerak di jalanan, dan punya cirri khas tertentu sesuai dengan ideology yang dianutnya, misalnya LK USWAH, GMP, HMI, KAMMI, dll

Mahasiswa yang doyan dengan ide-ide kiri (Marxis) biasanya banyak ngumpul di organisasi semacam LMND (Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi), berkumpul dalam berbagai kelompok studi yang bertebaran di kampus. Adapun Mahasiswa yang doyan ide-ide Nasionalis-Sekuler tergabung salah satunya dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Sedang yang lainnya adalah peregerakan Mahasiswayang mengusung symbol-simbol Islam seperti pergerakan mahasisaw Islam Indonesia (PMMI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) DIPO/MPO, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Kelompok mahasiswa yang menamakan dirinya Gerakan Mahasiswa Pembebasan(GMP), atau Lembaga Kajian Ukhuwah Mahasiswa Islam ( LK USWAH).

Meski mereka mengusung symbol Islam bukan berarti semua idenya yang dilontarkan Islam, faktanya banyak diantara mereka yang terpengaruh ide-ide selain Islam seperti kebebasan berpikir, demokrasi, HAM, pluralisme, dll.

Itulah sekilas Organisasi yang pergerakan yang ada di Unhas dan hingga kini masih tetap eksist baik organisasi Internal maupun Eksternal kampus. Dengan demikian untuk Adinda yang baru mengecam dunia Kampus pesan Kakak jadikanlah Kampus sebagai wadah untuk belajar dan berjuang demi kemuliaan Islam. Wallahu’alam. (Pd)

COMMENTS :

Don't Spam Here

0 komentar to “Sekilas Organisasi Mahasiswa”

Posting Komentar

 

"BERFIKIR IDEOLOGIS, BERTINDAK SIYASIH, ISTIQAMAH DALAM DAKWAH" | Copyright © Hanya Milik Allah SWT | template By: NdyTeeN.. Powered by Blogger.