Jumat, 20 November 2009

Mengatur Waktu Belajar


Kiat sukses untuk meningkatkan prestasi belajar di kampus, kuncinya terletak pada pengaturan waktu belajar: berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur waktu waktu belajar yang efektif, seperti:

1. perhatikan waktu luang yang dimiliki dan bagaimana kalian menghabiskan waktu tersebut dan sadari kapan kalian meghabiskan waktumu dengan sia-sia.

2. perhatikan waktu yang dianggap paling kondusif untuk belajar sesuai dengan waktu produktif masing-masing.

3. catat waktu-waktu tersebut dan buatlah jadwal waktu belajar yang juga disesuaikan dengan mata pelajaran yang akan dipelajari. Rencanaakan jadwal yang lebih panjang, misalnya jadwal bulanan sehingga bisa merencanakan kegiatan lebih dahulu. Jadwal ini juga bisa mengingatkan untuk membuat waktu luang dengan lebih nyaman.

4. buatlah jadwal belajar yang bervariasai agar tidak cepat bosan. Idealnya, satu sesi belajar adalah 50 menit yang kemudian dapat diselingi dengan istirahat sejenak.

5. Jaga motivasi belajar.

6. perhatikan kondisi kesehatan dengan memberikan waktu yang cukup buat istirahat, makan makanan yang bergizi dan kegiatan rekreasi. Kalau sedang belajar sering merasa cepat mengantuk bukan tidak mungkin hal tersebut disebabkan kondisi badan yang kurang fit atau kelelahan.

7. membaca dua kali satu bab akan lebih baik dari pada membaca satu kali dua bab karena membaca berulang akan lebih baik dari pada sekali baca. Atur waktu untuk mengulangi pelajaran. Ingatlah bahwa kemungkinan terbesar untuk lupa terjadi dalam waktu 24 jam, sehingga penting untuk mengulang pelajaran.

8. dan yang terakhir jangan lupa berdo`a, kalau perlu berwudhu dulu biar fres. “ya Allah, tambahkanlah pengetahuanku, ya Allah jadikanlah berguna apa yang telah engkau ajarkan kepadaku, dan ajarklah kepadaku apa yang berguna bagiku dan tambahkanlah pengetahuan yang berguna bagiku”.(HR. Tirmudzi). Dan setelah belajar serahkan semuanya kepada Allah.

Demikian tips-tips mengatur waktu belajar, semoga bermanfaat n kami mengucapkan selamat mencoba, tetap semangat belajar n semoga sukses.  [Shif]

COMMENTS :

Don't Spam Here

0 komentar to “Mengatur Waktu Belajar”

Posting Komentar

 

"BERFIKIR IDEOLOGIS, BERTINDAK SIYASIH, ISTIQAMAH DALAM DAKWAH" | Copyright © Hanya Milik Allah SWT | template By: NdyTeeN.. Powered by Blogger.